What's on My Desk?



Hai, gais!!! Welcome to my blog 😝😝
Hari ini kita akan sharing tentang APA AJA YANG ADA DI MEJAKU KALO AKU BELAJAR.
Hopefully apa yang aku tulis disini bisa jadi referensi baru yang bisa kalian coba juga atau mungkin kalian bisa kasih aku kritik dan saran supaya kualitas belajar aku jadi lebih baik lagi.

Jadi, gais. Seperti gambar yang udah kalian lihat di awal, kalau lagi belajar meja aku isinya ada 4 komponen penting, yaitu buku referensi, selembar kertas kosong, sticky notes, dan alat tulis. Kenapa harus ada mereka? Kenapa yang lainnya nggak ada? Jadi gini…

  • Buku Referensi
    Sebenernya, ini terserah. Referensi kalian bisa aja nggak berupa buku. Untuk kalian yang lebih bisa belajar lewat video, ya silahkan sediakan player video dari laptop atau HP di meja kalian. Untuk yang lainnya juga terserah. Aku sendiri adalah tipe orang yang susah fokus. Jadi, menurutku sumber yang tidak banyak memecah fokusku adalah buku. Yaa… kalian tau sendiri lah godaan besar apa yang datang kalo kita belajar sambil nyalain laptop atau handphone (Apalagi kalo ada internet 😭😭).

  • Selembar Kertas Kosong
    Jadi ini adalah inti dari proses belajar yang biasa aku lakukan, yaitu mencatat. Walaupun udah ada buku referensi, mencatat hasil belajar dengan Bahasa sendiri menurutku akan lebih memudahkan aku saat nanti mau review materi. Jadi, kertas-kertas hasil belajar aku nggak aku buang, tapi aku kumpulin jadi satu di suatu binder/folder (tergantung ukuran kertas). Aku sangat menyarankan tips ini buat kalian yang pelupa (kaya aku😂), dan kalian yang nggak punya banyak waktu untuk review materi di buku referensi yang tebelnya subhanallah. Hasil catatan kalian akan relate dengan koneksi otak kalian/cara piker kalian sendiri, jadi waktu review materi bisa langsung 'klik'.
  • Sticky Notes
    Kalau kalian ngira sticky notes disini aku pake untuk nyatet materi, jawabannya adalah salah. HAHAHA. Coba lihat gambar di sebelah...
    Yap! Jadi sticky notes itu aku gunain buat nyatet 'what to do'-ku selama aku ada di meja belajar. Jadi selama semua listku belum kecoret, aku nggak bisa pergi dari meja belajar aku. Jadi sebelum kalian menerapkan tips ini, kalian harus komitmen untuk jujur sama diri sendiri, gais. Semangat!!!
  • Alat Tulis
    Gimana nyatet tapi ngga ada alat tulis? Nggak masuk akal, kan, yaa. Jadi, karena kalian auto sendirian di meja belajar, jadi kalian harus punya alat tulis kalian sendiri. Tapi, di fotoku yang paling atas kan nggak jelas ya alat tulisku gimana. Sebenernya alat tulis yang selalu aku pake cuma beberapa aja kok, sisanya sih cuma tambahan.
    Yaaa, jadi di gambar inilah alat tulis Utama aku. Kenapa harus mereka? Jadi tiap warna/tipe tuh ada kodenya sendiri di belajarku. Misalnya stabile biru itu untuk materi yang aku nggapaham atau pertanyaan, warna hitam itu untuk nyatet apapun, stabilo pink untuk definisi atau sesuatu yang important dan harus aku hafal, warna coklat untuk pembatas atau judul, gold untuk keywords, silver untuk formula (rumus).
Gimana? Ada yang mau kalian tiru juga nggak tips belajarku yang sekarang? Atau jangan-jangan kita udah samaan?😱😱 Tulis di comment, yaa 😜

Jadi segitu aja buat sharing yang sekarang. Insyaallah di post selanjutnya aku mau share lebih rinci tentang sistem pencatatan (note-taking) aku baik waktu belajar sendiri ataupun di kelas. See you, gais! Wassalaamu'alaikum.

Jangan lupa support aku dengan share post aku yang sekarang. Semoga belajar kalian menyenangkan 😍

Komentar