MUST INSTALL : Rekomendasi Aplikasi di Google Play Store biar PRODUKTIF

Assalaamu'alaikum, temen-temen!!!
Apa kabar? Maaf, ya... baru update lagi. Kemarin skip seminggu karena magerku lagi parah-parahnya. Hehe.

Hari ini sebenernya lagi mager juga, tapi males juga mau nugas. Jadi, aku mau sharing yang ringan-ringan aja sama kalian. Siap?

Jadi, di era industi 4.0 yang sangat membahana ini, manusia di seluruh dunia lagi ngebet banget jadi manusia produktif. Termasuk aku. Tapi, seperti yang kalian sendiri bias rasain : produktif itu susah! Diantara kesusahan yang bikin produktif makin susah adalah kita kurang bagus dalam planning kehidupan kita sendiri.

Sebenernya, untuk solusinya udah banyak yang berinovasi. Salah satunya dengan bikin bullet journal di awal tahun, awal bulan, awal minggu, bahkan waktu baru bangun tidur. Tapi, semakin dewasa, kayanya 24 jam aja emang nggak cukup ya? Hehe (Kurang bersyukur). Jadi hasilnya, buat bullet journal lucu-lucu malah mengambil terlalu banyak waktu produktif kita.

Tapi yang namanya Industri 4.0, tidak mungkin datang cuma membawa masalah, ya... Jadi di era ini, banyak juga manusia produktif yang berkemampuan khusus di bidang IT yang berhasil membuat aplikasi-aplikasi untuk menunjang keproduktifan kita.

Dan, diantara banyak aplikasi-aplikasi itu, aku ada rekomendasi buat kalian yang pengen nyoba pake juga. Jadi aplikasi yang akan aku sebutin nanti, semuanya adalah aplikasi yang sekitar 1 semester ini aku pake secara istiqomah dan sangat membantu aku (yang pelupa dan people pleaser banget).

1. Any.do

Yes!!! Logo dari aplikasinya sendiri sangat sederhana, ya. Tapi bantuan dia sangat berarti buat kita pemakainya. Di aplikasi Any.do sendiri, kalian bisa buat list tugas, reminder buat ngerjakan tugas, list belanjaan, dan bahkan reminder untuk event-event yang akan kalian ikuti. Intinya, dia the best to do list yang pernah aku pake.

Menurutku sendiri, Any.do adalah aplikasi yang paling bawel di HP aku. Untuk aku yang magernya ++, dia pas banget. Bayangin aja, baru buka kunci HP, yang muncul di layar malah pengingat tugas. Kan, maen. Hehe.

Tampilannya aku suka banget, warnanya soft dan elegan. Nggak bikin sakit mata, dan kelihatan berkelas. Keterangannya juga jelas. Dan yang terpenting fungsinya yang berjalan dengan baik. Aku jadi tahu kapan aku bisa hang out dan kapan aku harus stay di rumah. Dia juga tersambung sama google calendar. Jadi aku bisa bikin reminder event lewat Google Allo aja, dan Any.do langsung ikut mendeteksi.

Sebenernya Any.do punya fitur tambahan yang lebih oke, yaitu focus timer (yang bikin HP kalian nggak bisa diapa-apain, jadi nggak tergoda waktu belajar) dan peringkat tugas (jadi ada tugas yang dianggep penting dan nggak penting). Tapi sayangnya, ini cuma bisa dipake sama pengguna premium. Hehe.

Tapi nggak mahal kok, nggak sampe 200.000 per tahun. Beneran, deh. Di aplikasi lain tuh bisa sampe sekitar 300.000. Jadi, any.do emang the best!!!

2. Loop Tracker Habit

Untuk kalian yang punya kebiasaan, dan ada kesusahan buat termotivasi. Kalian bisa coba pake aplikasi ini. Dia bisa buat checklist untuk kebiasaan kalian yang bejibun, bisa daily, weekly, dan monthly.
Kelebihan loop tracker habit yang ini adalah GRATIS dan PUNYA REMINDER. Kalian juga bisa beri tanda check dari notification bar kalian aja, nggak perlu buka aplikasinya dulu. Praktis, kan?
Sebagai motivasi, nih, dia juga punya rapor yang bisa kalian akses kapan aja. Jadi, kalian tahu dalam sebulan terakhir, habit kalian tuh berjalan mulus atau nggak. Keren, deh!!!
3. Money Manager
Babinya lucu, ya? Hehe.
Untuk money manager sebenernya nggak ada hubungan langsungnya sama produktivitas. Tapi, menurut aku, aplikasi ini bagus banget untuk mahasiswa. Soalnya kalian bisa klasifikasikan pengeluaran dan penadapatan bulanan kalian. Dan, biasanya dari sini, aku bisa tentuin mau jawab 'yes' or 'no' kalua diajak hang out sama temen-temen. Kok bisa? iya, jadi aku lihat dulu pengeluaran nggak pentingku udah berapa ribu bulan itu. Gitu teman-teman…
Kalian cobain, deh, pasti uang kalian jadi lebih awet. Wkwkwk

Untu daily app yang untuk productivity-nya sampe sini dulu, ya (udah kepanjangan, tjoi). Insyaallah di next post aku share juga tentang daily app untuk healthy life. Semoga yang ini bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa comment dan share post ini. Jangan lupa juga follow IG aku di @fitri_melani.

Wassalaamu'alaikum, temen-temen!!!


Komentar