Rekomendasi Template Bullet Journal (BUJO) untuk Mahasiswi Muslimah



Assalaamu’alaikum, gais…

Alhamdulillah ketemu lagi di blogspot aku. Kali ini kita akan bahas seputar bullet journal. Untuk yang belum tau, bullet journal adalah jurnal pribadi yang didesain sedemikian rupa untuk kebutuhan mencatat agenda harian seseorang. Agak ribet memang, tapi sangat direkomendasikan untuk temen-temen yang kesulitan dalam mendisiplinkan diri.

Agenda tiap orang berbeda, sesuai kebutuhan, tapi nggak ada salahnya kalo temen-temen lihat dulu template agenda yang orang lain pake. Contohnya punyaku ini. Hehe. Semoga bermanfaat, dan jangan sungkan nanya di kolom komentar kalo ada yang kurang jelas.

FYI gais, aku pake buku tulis Line Note 3 dari SSUEIM/CCLIM yang covernya warna pink, harganya sekitar 20ribuan kalo beli di TOGAMAS Malang, dan isinya cukup untuk Bullet Journal selama satu semester. Untuk alat tulisnya, aku tetep pake fancy stuff murahku, yaitu : ballpen erasable Debozz black 0.5, faber castell black liner, pencilitic chocolate, Faber castell pastel mildliner pink dan biru, Artline softline 1900 gel ink silver dan gold. Sebenernya terserah kalian, tapi aku merekomendasikan buku yang grid atau dotted, biar kalian lebih mudah dalam membuat garis, dan hasilnya tetep fancy. Alat tulisnya juga kalian bisa beli yang lebih mahal sesuai selera kalian hehe.

Selanjutnya langsung ke urutan template sekaligus penjelasan singkat dalam bullet journal yang aku pake :

1.       Cover page
 




Cover page ini nggak begitu penting sebenernya, untuk ornament aja, tapi biasanya aku tambahin beberapa quotes yang aku suka biar tiap hari aku termotivasi dengan quotes itu. Selain quotes aku juga tambahin namaku biar kalo suatu saat plannerku tergeletak tanpa aku, orang yang nemuin bias tau harus dibalikin ke siapa. Dan aku sangat tidak jago menggambar ya gais, jadi mungkin kalian bisa contoh referensi cover page milik bujoers lain yang lebih fancy. But, generally fungsinya seperti ini. NEXT.

2.       Biodata singkat



Ini penting banget, untuk kejadian tak diinginkan seperti tergkeletaknya planner di suatu tempat tanpa adanya kita sebagai pemiliknya. Isinya terserah aja, yang penting memuat kontak kalian. Ok??

3.       Keys

Isinya Cuma panduan untuk setiap symbol yang kamu pake. Misal tanda kotak untuk tugas, buletan untuk event, dll. Ini akan memudahkan kalian waktu ngisi bujo, atau pas baca lagi, jadi nggak bingung. Jadi nanti suatu hari kalian baca bujo kalian lagi, kalian bakal inget… kenapa ini warna pink? Kenapa biru? Kenapa bintang? Apasih aku?

4.       Semester at a glance

Bisa dibuat kaya kalender gitu, terus nanti ditandai kapan libur, kapan ujian, kapan ada acara penting, pokoknya untuk satu semester. Fungsinya biar kamu punya batasan kapan harus mulai belajar, tersisa berapa hari untuk persiapan ujian, kapan sibuk kita harus dibatasi, supaya belajar kamu bisa tetep stabil. Tipsnya sih jangan lupa dilihat tiap awal bulan, biar inget, bulan ini apa aja yang bikin deg degan.

5.       Goals

Untuk aku, goals-nya aku kategorikan jadi 4. Ada religi, college, social, dan personal. Lalu di tiap kategori aku isikan goals-goalsku untuk satu semester kedepan. Mungkin kalian agak bingung di kategori personal, jadi disitu isinya adalah goalsku untuk mengupgrade skill personal. Misalnya ikut kelas desain atau marketing, dan sebagainya. Ini bisa banget kalian baca tiap hari sebagai motivasi biar nggak rebaghan terus. Hehe.

6.       Saving and Productivity Pixels


Untuk kalian yang punya keinginan rajin menabung dan menghasilkan karya tiap hari, aku sarankan pake pixels ini. Untuk pixels-ku, lajur kebawah itu tanggal 1-31, ke sampingnya bulan Januari sampe Juni. Jadi satu kotak itu mewakili satu hari. Jadi kalian bisa track tiap harinya apa kalian nabung/produktif apa nggak hanya dengan color coding yang bisa kalian tentukan sendiri juga.

7.       Schedule


Siapapun udah paham ya, ini jadwal berulang mingguan. Bedanya, kalo aku pake jam. Mulainya jam 5 pagi, selesai jam 10 malem, karena aku mulai harus bergerak untuk orang lain jam itu, diluar jam itu aku focus ke diri sendiri. Jadwalnya juga bukan hanya mata kuliah aja, tapi juga jadwal kerja, rapat rutin, exercise rutin, dan belajar. Dengan begini, hari-hari kalian akan lebih terencana, dan inget kapan harus nolak ajakan nongkrong atau acara lain.

8.       Study progress


Ini yang sebelah kiri bisa kamu isi nama mata kuliah yang akan kamu hadapi, terus kamu bikin diagram batang ke samping, kamu sekat-sekat sesuai jumlah bab di mata kuliah itu. Nanti kalo aku udah pelajari bab itu sampe paham, aku tandai dengan warna tertentu. Jadi pas ujian akhir semester, kamu tau persiapanmu udah sebagus apa.

9.       Things I’ve Done (Books, Film, Place, Skill)


Kalo ini sama kaya goals, dikategorikan. Di tiap kategori nanti aku isi semua hal sesuai kategori yang udah aku lakukan semester itu. Misal aku udah nonton film Underwater, jalan-jalan ke Tirtosari Waterpark, dst.

10.   Monthly planner + Blogspot tracker + Sosmed tracker + Competition tracker


Untuk monthly planner, kalian bisa isi tiap kotaknya dengan acara yang paling hype hari itu. Sementara tracker-tracker itu aku cantumkan untuk fungsi lain aja. Ada beberapa kebiasaan yang harus aku lakukan bulanan, upload blogger misalnya. Jadi aku akan tulis ide judul blogku di bilan itu, lalu aku centang kalo udah upload. Sama juga dengan competition tracker, soalnya salah satu goalsku semester ini adalah ikut kompetisi tiap bulan. Kalo sosmed tracker, aku harus upload tiap hari di beberapa sosmed aku, jadi aku cantumin mereka di tiap kotak tanggal, nanti kalo berhasil, aku kasih tanda warna pink. Gampang, kan?

11.   Weekly planner + daily ibadah tracker + weekly habit tracker + sleep tracker + study tracker


Kalo weekly plannerku, biasanya aku pake untuk to do list harian. Ini berguna banget, jadi tiap hari selalu ada kegiatan bermanfaat yang aku lakuin. Di tiap harinya aku juga punya beberapa amal yaumi (ibadah harian) yang harus aku track untuk menghindari future. Jadi, kotak-kotak kecil dibawah yang jumlahnya 10 itu untuk track apakah aku melakukan kegiatan harianku atau nggak. Untuk sleep trackernya, tiap pagi aku isi setelah bangun tidur sambil bikin to do list untuk hari itu. Study trackernya aku isi di malam hari setelah belajar.

12.   Mood tracker






Mood trackernya banyak ide, biasanya aku bikin color coding untuk ini, Tapi aku paling suka yang bullet-bulet. Nanti aku gambar emoji sesuai mood aku, dan mukanya aku warnai sesuai sakitku hari itu. Kalau sehat tanpa warna, sakit warna biru, menstruasi warna pink. Jadi, sekalian track datang bulan. Point 10 sampe 12 diulang sebanyak bulannya, kalo aku 6x karena Januari-Juni. Itu udah aku kasih beberapa referensi, pake yang sesuai selera kalian aja…

13.   Vacation Planning


Karena bulan Mei aku udah liburan lagi, dan itu 3 bulan, aku berencana buat 5 vacation semester ini. Jadi ini bisa ngisi liburan aku. Sekaligus mencegah kemungkinan wacana, karena udah diplan dengan benar.

14.   Holiday goals (untuk liburan semester itu)


Karena liburanku semester genap 3 bulan, nggak mungkin aku rebahan terus. Jadi aku harus set beberapa goals untuk liburanku, jadi liburanku lebih berfaedah. Kalian juga bisa coba template ini, tinggal isi goals kalian di tiap cabang yang udah ada.

15.   Semester review (final score, self reflection, social reflection, organization tracker)


Menurutku ini penting banget, sebagai refleksi untuk mengatur goals di semester selanjutnya. Templatenya bisa kalian sesuaikan sendiri. Kalo aku sendiri, karena ada 7 mata kuliah semester ini, jadi di final score ada 7 baris. Self reflection isinya pertanyaan yang akan bikin aku makin bersyukur. Selanjutnya, karena aku lagi pengen aktif di kegiatan volunteering, aku pasang social reflection, yaitu kegiatan social apa aja yang udah aku ikutin. Kalo Organization tracker, nanti aku isi proker yang udah dijanjikan di lokakarya, seiring waktu berjalan, aku akan centang setelah proker itu terlaksana. Try this one!

16.   Ramadhan tracker (One Day One Juz tracker, positive sharing tracker, periods tracker, tarawih tracker, futur tracker, take a nap tracker, social project)
(Waah belum aku foto… nyusul yak)

Semester ini kita ketemu Ramadhan loh, biar ramadhannya nggak garing, jadi harus direncanakan. Untuk tarawih, period, dan futur tracker itu nanti aku isi kalo suatu hari ternyata aku lagi mens, atau futur,  atau gagal tarawih. Jadi nanti bisa tau, seberapa rugi kita ramadhan waktu itu. Untuk one day one juz dan positive sharing itu ada 30 baris, nanti aku isi sesuai ayat ngajiku terakhir hari itu dan konten apa yang aku share hari itu. Untuk take a nap-nya juga tinggal diisi aja dengan angka sebanyak jam kita tidur siang hari itu, biar nggak mager terus. Selanjutnya social project, di bulan ramadhan rugi deh kalo nggak melakukan kegiatan social, jadi aku akan berusaha cari minimal 4 kegiatan social yang relevan untuk aku.

Banyak ya, bagus dong dalam satu buku kita udah bisa track berbaai kegiatan kita. Asal istiqomah aja ngisinya wkwkwk. Btw kalian suka yang mana? Atau kalian udah pake yang mana? Silahkan komentar di kolom yang udah disediakan. Kritik dan saran dari temen-temen sangat aku butuhkan. Jangan lupa juga untuk share post kali ini, biar ilmu kita sama-sama bermanfaat.

Sampai jumpa di post berikutnya, Wassalaamu’alaikum!!!

Komentar